Beginilah Cara Ngetest Atau Menguji Kerauhan Itu Benar Atau Cuma Bohong-bohongan Saja


Membahas masalah kerauhan di forum resmi atau setengah resmi alias obrolan di warung kopi di bale banjar, dalam seminar setengah resmi seperti itu, seorang nara sumber dengan mengutif informasi yang ia tonton di suatu acara tv di Bali, menggatakan ada tiga cara untuk membuktikan orang itu benar kerauhan atau bohong-bohongan.

Cara pertama: Di sulut  api dari kluping (tangkai atau pembungkus bunga) kelapa gading. Klo tidak terbakar berarti benar kerauhan. Namun cara ini cukup riskan, karena kalau terbakar kita bisa di tuntut menganiaya orang itu.

Seorang peserta memberikan jalan keluar untuk menghindari tuntutan hukum ini, “Kalau di tempat saya gampang, kalau ada seseorang yang ngaku kerauhan, kita sodorkan api pasepan yang besar, kalau dia berani nakep (menaruh tangannya) diatas api besar itu, berarti benar. Dan tidak bakalan di tuntut menganiaya orang karena kita Cuma menyodorkan saja, atas kemauan sendirilah menyentuh api itu atau tidak. Ya khan? Mungkin yang merasa punya ilmu kebal boleh coba-coba cara ini, panas apa tidak yae? He he he….

Cara kedua: Ambil air dalam baskom dan isi dengan berbagai bunga, celupkan tangannya, kemudian lihat telapak tangannya. Kalo tidak ada air yang nempel di telapak tangannya, berarti benar kerauhan.

Cara ketiga: ambil debu di tanah, kemudian oleskan di telapak tangannya, kemudian usap-usapkan kedua telapak tangannya agar debu-debu jatuh. Terus ambil kain putih/tisu, oleskan di telapak tangannya. Kalau tidak ada debu sama sekali yang nempel berarti benar kerauhan.

Ketiga cara ini bisa di gunakan sekaligus, kalau seseorang bisa melewati ketiga ujian ini dengan aman, berarti benar dia kerauhan!

Seorang peserta bale banjar ini menyela : masih ada cara lain yang lebih ampuh dan aman. “apa?” Tanya peserta lain yang ingin tahu. “Rogoh kantongnya dan ambil dompetnya” biasanya ujian terakhir ini susah dilewati oleh orang yang kerauhan.



Oleh: Ketut Adi 

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Beginilah Cara Ngetest Atau Menguji Kerauhan Itu Benar Atau Cuma Bohong-bohongan Saja"

  1. Om Swastiastu,
    Mohon share artikel tentang Mengapa Orang Hindu di bakar,,,
    Karena bnyak teman non hindu menanyakan hal tersebut, bagaimana cara agar menjawab pertanyaan tsb bisa d jawab dengan elegan dan jelas.
    Terimakasih sebelumnya, semoga artikelnya d buat,,,
    Om shanti shanti Om.

    ReplyDelete