Saturday, December 24, 2016

Mengenal Wajah-wajah Orang Bisa Nge-Leak!


Leak lagi leak lagi, semoga ga bosan ya. Kalau di luar negeri Leak yang terkenal adalah namanya wikileaks. Kalau di Bali ciri-ciri orang yang mampu menjadi Leak tidak semua orang tahu dan mampu membedakannya. Jangan-jangan setiap orang yang berwajah serem dikatakan bisa nge-Leak.  Bagaimana Wajah-wajah orang bisa nge-Leak ?. Ganteng atau Cantik. ?

Ciri-Ciri Orang Bisa Nge-Leak Berajah Cinging

Dalam prakteknya di masyarakat ciri-ciri Pange-leak-an bersumber dari perilaku manusia, yang disebut dengan Balian Pangiwa dan Balian Panengen.

Balian panengen adalah Balian yang tujuannya untuk mengobati orang yang sakit sehingga menjadi sembuh.

Balian Pangiwa bertujuan bukan untuk menyembuhkan orang sakit, tetapi membuat orang yang sehat menjadi sakit dan yang sakit menjadi bertambah sakit, bahkan sampai meninggal.

Balian atau dukun jenis ini sangat sulit untuk dilacak, pekerjaannya sudah penuh rahasia, terlalu tertutup dan misteri. Tidak sembarang orang yang datang dapat dipenuhi keinginannya untuk membencanai musuh atau orang yang dibenci. Jadi dukun/balian inilah yang melakukan berbagai cara untuk membuat korbannya sakit dengan mempelajari ilmu penge-liak-an, desti, pepasangan, sasirep, bebahi dan lainnya.

Penge-liak-an adalah sosok tubuh manusia yang tampak seperti bhuta atau binatang. Desti adalah suatu kekuatan gaib yang dapat menyebabkan seseorang menjadi sakit. Biasanya mempergunakan benda-benda yang berasal dari orang yang akan dibencanai yang akan dikenai penyakit. Pepasangan adalah benda yang diisi kekuatan gaib atau magis, serta ditanam di dalam tahanh atau disembunyikan secara rahasia ditempat tertentu untuk membendanai seseorang. Benda tersebut dapat berupa tulang, taring binatang, gigi binatang, daun lontar yang telah dirajah, rambut kain yang telah diisi tulisan dan lainnya. Bebai atau Bebahi adalah penyakit yang dibuat dari raga janin dan Kanda Pat, (empat saudara yang dapat dikirim masuk kedalam tubuh seseorang yang ingin membencanai sehingga jatuh sakit.

Yang terdapat dalam lontar Aji Pengeliyakan milik Griya Sangket Karangasem salinan dan terjemahan I Nyoman Neraka. Lontar tersebut scara garis besarnya, menguraikan tentang:

  1. Pasuryan Pangiwa, segala ilmu (pengeliyakan) dapat dicapai dengan terlebih dahulu memusatkan pikiran, beryoga.
  2. Gni Sambawana, atau disebut juga pangwa sari. Ini (pengeleyakan) yang paling utama.
  3. Cambra Berag, ini sangat sakti, karena bersumber dari sebagain kecil Hyang Aji sarswati sebagai batasannya.
  4. Rabut Sapetik, ini dapat digunakan membuat orang menjadi gagu semua yang bersuara.
  5. Maduri Reges, ini merupakan leyak campuran dari beberapa agama; guna Makasar, guna Jawa, guna Bali, guna leyak putih dari Mekah.
  6. Pangiwa Utamaning Dadi, supaya menjadi Butha Dengen (yang membuat bulu kuduk merinding).
  7. Rerajahan ring Papetek (sabuk), untuk membersihkan diri, artinya tidak semua pangiwa itu negatif .
  8. Panugrahan pangiwa, memohon panugrahan kepada Yang Nini Bhatari Gangga, untuk menghidupkan pngiwa yang ada ditengah mata.
  9. Tata cara pengiwa untuk orang perempuan, untuk menggabungkan agar Bhtara Brahma, Wisnu dan Iswara berkumpul menjadi Bhatara Kala, agar kesaktiannya tidak terkalahkan.
  10. Pengeliyakan Uwig, agar menjadi Bhuta Baliga.
  11. Pangiwa Swanda, ini adalah ratunya pangiwa.
  12. Brahma Maya Murti, agar nampak seperti Hyang Brahma Murti, bertangan delapan ribu berbadan sembilan ribu, berkaki 1000 (alaksa), tangangan memamajang, dan memakai anting-anting bintang di langit.
  13. Ni Calon Narang, dapat berubah wujud sampai seribu kali.
  14. Rata Gni Sudha Mala, (tanpa penjelasan).

Jadi seperti apa yang diuraiakan di atas, ternyata tidak ada ciri khusus yang menyatakan tentang pengeliyakan, karena ini bersifat rahasia dan harus dirahasiakan. Tetapi untuk megetahui, secara samar-samar dapat dipahami melalui cerita bali Kuno tentang: I Dongding, yang menceiterakan Balian Baik dan Balian Jahat.

Biasanya pada jaman Bali Kuna, ketika ingin menidurkan anak atau cucunya, diawali dengan cerita. Ceritanya seperti dibawah ini.

I Dongding, adalah anak pertamanya Men Dongding. I Dongding yang sudah berumur 10 tahun, dan ketika itu ibunya sedang hamil tua. Ayahnya adalah seorang petani. Ketika ayahnya sedang bekerja di sawah, maka Ibu Dongding perut mendadak sakit. Maka dipanggilah anaknya, yang bernama I Donding. ”Dongding-Dongding, mai ja malu, kesini sebentar”. Maka datanglah I Donding dekat ibunya, ibunya berkata; ”perut ibu sedang sakit tolong carikan ibu Balian untuk membantu kelahiran. Cari balian yang rumahnya beratap Ijuk adalah Balian Baik, dan jangan cari Balian yang rumahnya bertap Alang-Alang dia adalah balian Jahat. Sebab Balian tersebut rumahnya berdampingan, jangan sampai salah ya nak!, demikian ibunya menuyuruh. Maka I Donding datang kerumah Jero Balian, tetapi setalah sampai didepan rumah Balian ia lupa. Rumah atap Alang-alang apa Ijuk? Tetapi akhirnya dalam kebingungan I Donding memilih yang bertap alang-alang. Kemudian I Donding mengetuk pintu, sdambil berkata: ”Jro Balian… Jro Balian….Jro Balian” Jro Balian menyapa, ”nyen to kauk-kauk?” siapa itu memanggil-magil. ”Tiang cucun Dadonge I Donding!”, ketika melihat wajah Nenek Renta Tua, yang berwajah Cinging, berpakian poleng hitam putih kumat. I Donding merasa dirinya salah mencari Balian, dan bulu kuduknya meriding. ”Men kenken cening tumben ngalih dadong mai? (kenapa kamu tumben kesini.) Demikian kata Jro Balian Nenek Renta tersebut, kemudian I Donding menjelaskan, ”Dadong orahina nulungin mementiange sedeng beling gede” (Dadong diseruh membatu melahirkan ibu saya). ”Ya… kalau begitu dimana rumahmu?. Disitu didekat bale Banjar, tiga rumah keutara. Nenek tidak tahu jaklannya, silahkan kamu menangkat ayam Nenek yang berwana merah, dan cabut bulunya sebagai petunjuk jalan.

Ringkas cerita, setelah sampai dirumah dan kebetulan juga Bapaknya sudah datang dari sawah, maka I Dongding mengatakan sudah mencari Balian yang rumahnya beratap Alang-alang. Ibu dan Bapaknya kaget, ibunya berkata; ”bah… Donding-dongding…. sing buwungan suba meme jani mati”. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, I Dongding disuruh menyapu bulu ayam sudah dtebarkan tadi, setelah itu mereka membagi tugas. Ibu-nya I Dongding bersembunyi dibwah ketungan, (tempat menumbuk padi. Ayah dan I Dongding bersembunyi di Menten (Balu Utara), kemudian di pintu dapur dipasang talenenan (tempatt memotong daging) dan di Gebeh (tempat air) ditaruh ular.

Kemudian dengan jalan yang tersiok-siok akhirnya ia datang kerumahnya Dongding, dan memanggil-mangil tidak ada yang menjawab. Akhirnya dia duduk di atas ketungunan, sambil mencari kutu dirambutnya. Setiap kutu yang diperoleh di pencat dan bersuara ”Klepit”, kemudian Ibu Dongding duduk dibawah ketungan, dia tertawa. Akhirnya dia ketahuan oleh Jro Balian yang Cinging. ”Ye… memen Dongding dini mengkeb, mai-mai tulunga melahirkan”, (Hai….Ibu Dongding disini ngumpet, mari-mari aku tolong untuk melahirkan). Ibu Dongding dengan rasa takut, akhirnya keluar dari tempat persembunyian. Dengan sigap Jro Balian, dengan rambut gimbal yang tak teurus membantu melahirkan. Begitu lahir bayi yang dikandung, langsung digendong dan dibelai-belai sambil tertawa.

Durga Taweng

Tanpa berkata panjang lebar akhirnya anak dan Ibu-nya Dongding dimakan bersama satu persatu, dan sisa tulangnya dibiarkan disamping ketungan. Karena perut yang kenyang, kemudian dia kedapur mencari air. Baru dibuka pintunya, kepalanya di bentur oleh talenan, kemudian baru dibuka tempat airnya, dia dipatuk oleh ular. Akhirnya Jro Balian, meningal karena di patuk ular. Kemudian I Dongding dan Bapaknya keluar dari Bale Meten, sambil membawa celurit dan Alu. Ketika itu mereka berdua melihat seekor anjing, datang dari timur laut sambil melangkahi tulang belulang Ibu dan anak yang baru lahir tersebut. Akhirnya mereka dapat hidup kembali, seperti sedia kala.

Dari cerita di atas dapat dilihat ciri-ciri, orang yang mempelajari Ilmu pengeliyakan adalah:

  1. Berpakian kumat, artinya pakiannya jarang dicuci dalam keseharian hidupnya,
  2. Berwajah Cinging, artinya suka mengganggu atau aji Wegig.
  3. Rambut gimbal, artinya jarang berkeramas.
  4. Menggunakan ayam merah (biying), artinya memuja Dewa Brahma, dalam ajaran yang disebarkan melalui emosional yang sering disebut Dewi Durga.
  5. Bersuara klipit, artinya memiliki banyak kutu besar-besar, akibat rambutnya tidak pernah dicuci.

Pada umumnya pengeliyakan adalah seperti di atas, tapi tidak semua ciri-ciri ini tidak berlaku semua pengeliyakan, karena banyaknya jenis-jenis pengeliyakan, seperti disebutkan di atas bahwa Ni Calonarang dapat berubah wujud sampai 1000 kali, artinya paling tidak ada 1000 ciri, dan setiap perubahan minimal ada 5 ciri.

Sumber : https://nakbalibelog.wordpress.com

close
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Mengenal Wajah-wajah Orang Bisa Nge-Leak!

5 komentar:

  1. ciri-ciri orang ngeliak lihan dari tatapan matanya bagaimana dia melihat anda saat bertemu

    ReplyDelete
  2. Liak = Li (linggih), ak (aksara) siapapun yang bisa menempatkan Aksara Suci dalam dirinya maka diapun kategori bisa nge liak, tergantung keteguhan hati orang tsb jika masih labil maka bisa jadi akan membuat celaka orang lain dan dirinya, namun jika orng tsb sudah benar2 bisa kendalikan emosi dan hawa nafsunya Aksara itu akan menjaga dirinya dan orang lain, pesan dari orang tua janganlah mempelajari sesuatu tanpa ada pembimbing dan sebelum benar2 bisa mengendalikan emosi, hasrat, hawa nafsu dan dendam maka jangan sekali2 mempelajari ilmu yang berhubungan dengan itu, jadi ciri2 di atas sekarang sudah banyak berubah

    ReplyDelete
  3. maaf....arah berita ini ngalor ngidul, membingungkan dan tidak mendidik. sepertinya penulis perlu mengumpulkan materi atau mewawancarai banyak narasumber yang memang paham tentang apa itu leak.

    ReplyDelete
  4. Ciri ciri itu tidak ada sama saya ...hanya lengar/gundul yang mepesona....hahahaha

    ReplyDelete