Thursday, February 23, 2017

Ngaben Di Jawa Pertama Kali Digelar di Banyuwangi, Begini Bedanya Dengan Ngaben Di Bali


Ratusan umat Hindu di Kecamatan Muncar Banyuwangi menggelar ngaben massal ala Jawa. Upacara yang disebut entas-entas yang digelar pertama kali ini, digelar di Desa Kumendung, Kecamatan Muncar, Banyuwangi, Kamis (4/8).

Total sebanyak 130 Sawa (leluhur) dari 35 KK yang diberikan dalam upacara ini. Prosesi entas-entas dilakukan secara sederhana. Beda ngaben ala Bali. Bebantenan atau sesaji yang digunakan juga sederhana, seluruhnya menggunakan budaya Jawa. 

Prosesi diawali dengan upacara penyucian sesaji. Nasi tumpeng buceng, tumpeng golong, tumpeng pengentas, tumpeng brok, polo pendem (ketela dan sejenisnya), polo gemantung (buah-buahan), dan sesaji pisang serta kelapa digelar. Masing-masing memiliki makna tersendiri. Salah satunya buah kelapa yang disimbolkan sebagai kehidupan.

Prosesi dilanjutkan dengan ritual entas-entas. Alunan mantra berbahasa Jawa dan gending Jawa mengiringi prosesi ini. Puncaknya, seluruh sawa yang disimbolkan dengan kendil berisi bunga dibungkus kain putih. Lalu, setiap ahli waris membawa kendil masing-masing. Upacara diakhiri dengan persembahyangan bersama. Kemudian, seluruh sawa diarak menuju Candi Moksa Jati di Desa Kumendung. 

Ritual ini dipimpin oleh tiga pandita Hindu Jawa. Masing-masing, Romo Ageng Wijoyo Buntoro (Sidoarjo), Romo Rsi Hasto Dharmo (Sidoarjo) dan Romo Rsi Rahmadi Dharma Catur Telaba (Batu-Malang).

"Ini sebagai simbol leluhur kita sudah menjalani upacara entas-entas. Ini merupakan penghormatan dan pengangkatan roh leluhur ke planet yang lebih tinggi, bahkan moksa," kata Oentoeng Margiyanto, sesepuh umat Hindu Muncar usai upacara kepada wartawan.

Menurutnya, meski pertama kali digelar, upacara ini banyak diikuti umat Hindu. Namun, karena keterbatasan tenaga, hanya 35 KK yang bisa ikut. Sementara, masing-masing KK hanya dibebankan iuran Rp 300 ribu. Meski, satu KK memiliki lebih dari satu sawa, biaya tetap sama.

"Jadi, ini gotong-royong. Biayanya sangat murah. Lantaran bebantenan yang kita gunakan sangat sederhana. Ini tidak mengurangi makna upacara pitra yadnya atau penghormatan ke keluhur. Kita akan digelar rutin setiap tahun," jelasnya.

Sementara Ketua PHDI Banyuwangi, Suminto mengatakan upacara entas-entas sebagai bagian penyempurnaan ajaran agama Hindu di Jawa. Pihaknya berharap, kegiatan ini akan jadi inspirasi umat Hindu Jawa lain untuk menggelar upacara serupa. Sebab, biayanya sangat terjangkau dan prosesnya sederhana.

"Kita mendorong umat Hindu unutk menghormati leluhur di upacara Entas-entas ini. Dan semoga arwah sesepuh diterima di sisi-NYA," pungkasnya. 
(fat/fat)

Sumber : http://news.detik.com

close
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Ngaben Di Jawa Pertama Kali Digelar di Banyuwangi, Begini Bedanya Dengan Ngaben Di Bali

1 komentar:

  1. Semoga tradisi kita semakin lestari, dan dilestarikan oleh masyarakat Indonesia,, budaya adiluhur

    ReplyDelete