Wednesday, March 15, 2017

Begini Sanksi Adat Bagi Pelanggar Perayaan Nyepi Di Daerah Ini



DENPASAR - Perayaan hari raya Nyepi di Sanur diawasi oleh Desa Pakraman (desa adat).  Ada 3 Desa Pakraman yakni, Desa Pakraman Sanur, Desa Pakraman Intaran dan Desa Pakraman Penyaringan.

Sejak dimulai rentetan acara seperti Melasti, Mecaru, Pengerupukan sampai berlangsungnya hari raya Nyepi di organize dan dilaksanakan oleh ketiga Desa adat tersebut.  

Masyarakat Sanur sejak dahulu selalu menjalankan Catur Brata Penyepian ini dengan khidmat, salah satu contohnya adalah melarang warga utk utk keluar rumah bila tdk perlu kecuali para petugas pecalang yg sdh terdaftar.

Kalau ada yg melanggar akan kena sangsi adat, yakni ditahan oleh pecalang selama hari Nyepi sekaligus diwajibkan unttk "ngayah" bersih-bersih di Pura Desa dan Bale Agung.

Pada pelaksaan hari raya Nyepi 1936 ini di wilayah Desa Pekraman Sanur ada warga pendatang yang terkena sangsi ini karena keluar ke jalan raya.  Saat diinterogasi oleh pecalang, dia mengaku berasal dari daerah Timur Indonesia tapi dia tidak dapat menunjukan kartu identitas diri.

Dia bermaksud untuk membeli makanan di warung atau toko yang dia pikir buka saat Hari raya Nyepi tersebut.  Tentu saja tidak ada toko buka saat itu.

Akhirnya dia ditahan oleh pecalang dan diwajibkan untuk tinggal di posko sampai keesokan harinya. 
Dia juga diwajibkan untuk membantu bersih-bersih di sekitar Pura.

Walaupun dia ditahan, tetapi dia justru diberikan makanan, seperti nasi bungkus, kue-kue, kopi dll. 

 Atau apapun ransom dari petugas, dia juga dapat nikmati. Dia jg diperkenankan utk memakai kamar mandi utk mandi dan seperlunya.

Dia mengaku baru pertama kali ke Bali dan tdk mengetahui kalau Ada adat seperti ini.  Dia bekerja di sebuah perusahaan sebagai waker jaga malam sekaligus tukang kebun.

Sayang sekali perusahaan yg mempekerjakan dia tdk menginformasikan keadaan Hari raya Nyepi ini dan tdk mempersiapkan bahan makanan shg dia hrs kluar mencari warung atau Toko yg buka. Alhasil dia ditahan oleh pecalang.(*)


Sumber : http://bali.tribunnews.com

close
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Begini Sanksi Adat Bagi Pelanggar Perayaan Nyepi Di Daerah Ini

0 komentar:

Post a Comment