Wednesday, March 1, 2017

Raja Salman dan Bali yang Katanya Tidak Halal, Inilah Alasannya Raja Salman Memilih Berkunjung Ke Bali



Entah Indonesia ini sungguh beruntung atau sungguh malang. Beberapa bulan Indonesia diterpa isu intoleransi yang menyeret kesucian agama di dalamnya. Agama dijadikan pembenaran, alat politik, alat propaganda, juga h4sr4t dalam s3ks. Ibarat ibu yang mengandung, 9 bulan lamanya, janin harus dilepaskan. Entah dengan cara alami atau cara yang dikehendaki. Seperti melahirkan, Indonesia harus mengeluarkan janin intoleransi ini.

Jika selama ini secara alami tidak bertahan, maka pilihan lain adalah cara yang dikehendaki. Salah satunya bisa dimaknai dengan adanya lawatan Raja Salman. Raja ini begitu dielukan. Sebab kemewahan yang bergelayut di tubuhnya tak banyak dimiliki pemimpin di dunia.

Selain isu kemewahan, Raja ini membawa pesan kebaikan untuk penyakit intoleransi yang telah menjalar di negeri ini.

Raja Arab Saudi, dengan simbol agama Islam yang kuat, simbol syariah yang berbinar, tetap merasa bukan apa-apa di mata Tuhan juga semesta. Raja ini tidak lantas merasa besar dengan segala pengetahuan agamanya. Ia simbol yang benar-benar menjadi obat untuk luka intoleransi yang terlanjur terjadi di negeri ini.

Tak ada terdengar ia memilih yang menjemputnya harus beragama sama. Ia tak juga nyinyir tentang simbol-simbol yang harus mengedepankan agamanya. Malah, ia memilih pergi melawat ke daerah yang jauh dari simbol-simbol yang menurutnya terlalu bau amis di Indonesia. Ia memilih Jakarta, Bogor, dan Bali. Bali?

Ya…Bali. Sebuah tempat yang tidak tertutup, cenderung terbuka bahkan vulg4r. Tempat yang tidak mungkin halal, sebab babi masih berdampingan hidup bahkan menghiasi santapan di meja makan orang Bali. Bali yang justru liar menerima siapa pun yang datang, entah dengan maksud baik atau buruk. Bali yang paling percaya hukum karma, hingga kadang hukum dunia tak terlalu mengkhawatirkan. Bali kini, di tengah sebutan wisata m4ksi4t, wisata penyembah berhala, juga ketidak halallannya, masih sanggup merawat tradisi yang dipesan dari sanubari.

Siapa pun yang datang selalu diperlakukan ramah tanpa memandang agamanya.
Meski uang bukan halangan bagi Salman, ia tidak lantas meminta Bali menjadi kawasan wisata halal dalam sekejap. Kunjungannya bukan untuk membuat Bali menjadi apa yang dimaunya, melainkan melihat Bali yang tumbuh dengan segala adat tradisi yang meneduhkan hati. Meski dekat sekali, Raja Salman tak singgah ke Lombok yang dinobatkan sebagai wisata halal favorit 2016.

Mungkin baginya, halal atau tidak adalah soal sudut pandang. Sangat tidak elok ketika menyebut apa yang dimakan manusia Bali ini adalah makanan tidak halal. Bukankah halal atau tidak, Tuhanlah yang punya kuasa penuh atas itu?

Raja Salman memilih berkunjung ke Bali, entah apa yang ada dalam benaknya, merupakan cerita segar untuk Bali. Beliau akan melihat bagaimana toleransi dirawat baik di pulau seribu pura ini. Jika berkenan, mungkin ada investasi yang akan dibawanya.

Jika itu tidak dilakukan, setidaknya Bali masih menarik untuk dikunjungi, Bali masih begitu menggoda Raja Arab Saudi ini. Wisata syariah yang tidak dapat dipenuhi Bali bukan jadi penghalang mereka yang “syariah” untuk menikmati Bali dengan apa adanya.

Semua sibuk menyiapkan kedatangan Raja Salman, termasuk pemimpin Bali. Kemewahan yang ditawarkan raja ini konon menguntungkan bagi Indonesia. Kemewahannya akan mendatangkan pundi-pundi rupiah yang dibangun atas dasar toleransi.

Tentang pilihan Salman terhadap Bali, kaum nyinyir akan mengeluarkan banyak persilatan lidah. Bali akan dijelekkan dengan segala ketidak halallannya. Mereka akan menganggap Salman datang untuk membantu Indonesia menggolongkan penista agama berdasarkan kasta-kasta tertentu. Di Bali sudah meninggalkan sistem kasta, kok sekarang kaum lain menghidupkannya? Jangan bergerak mundur.

Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz Al-Saud, berencana mengunjungi Indonesia selama sembilan hari, mulai 1 hingga 9 Maret 2017. Ini adalah kunjungan kepala negara dari Arab paling bersejarah bagi Indonesia karena kunjungan sebelumnya dilakukan oleh Raja Faisal pada 46 tahun lalu. Tidak tanggung-tanggung rombongan Raja akan membawa 1.500 anggota delegasi, termasuk 10 menteri dan 25 pangeran. Kunjungan ini begitu berarti bagi Arab Saudi di tengah bangsa-bangsa lain sedang membicarakan Indonesia yang konon diramalkan akan memiliki kekuatan ekonomi raksasa di dunia.

Tentu, Salman tak ambil pusing soal kisruh agama yang lebih int*m bila dibincangkan dalam hati saja. Salman ingin merangkul dan dirangkul Indonesia agar nantinya Arab Saudi tidak jadi penonton liar saat ramalan tentang Indonesia ini jadi kenyataan.

Setelah gencar “memaksa” AS dalam belenggu Freeportnya untuk tunduk pada Undang-Undang, bangsa ini telah menunjukkan bahwa Indonesia tidak takut dengan bayang kekuatan besar. Mengejar pajak google juga sedang diupayakan agar tak ada yang “main-main” lagi di tanah Nusantara. Indonesia tengah menghimpun kekuatan untuk kembali bangkit seperti julukannya dulu, macan Asia. Banyak negara telah bekerja sama dengan Indonesia. Kerja sama ini bukan untuk menggerogoti Indonesia, apalagi menjual bagian-bagian dari Indonesia. Di bawah pemerintahan Jokowi, Indonesia kembali menawarkan daya tarik. Pak Jokowi paham betul apa yang ditawarkannya adalah “barang mahal” yang tentu tak dapat digenggam dengan tawaran yang tak sebanding. Jokowi bukan hanya seorang Presiden. Ia menjelma jadi marketing yang andal. Menjual Indonesia dengan cara yang cantik. Seorang pengusaha mebel mungkin telah fasih melakukan strategi ini. Namun, jika barangnya adalah negara dan kepercayaan, Jokowi tentu punya jurus jitu. Lihatlah betapa jalan di Papua sana begitu terbentang luas. Jalan ini bisa dilalui investor dengan mesra.

Mewujudkan Papua yang semakin baik bukan mustahil. Sekali lagi, Jokowi adalah marketing yang baik. Ia tahu apa yang harus dijual, apa yang harus didapatkan, dan apa yang mesti dinegosiasi. Raja Salman salah satu yang berhasil ditarik ke dalam strategi marketing Jokowi. Semoga saja, kedatangan pemimpin Arab Saudi ini bisa melunasi janji kemerdekaan yang sedang diupayakan pemerintahan Jokowi.

OLEH : NI NYOMAN AYU SUCIARTINI

Sumber : https://seword.com
close
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Raja Salman dan Bali yang Katanya Tidak Halal, Inilah Alasannya Raja Salman Memilih Berkunjung Ke Bali

14 komentar:

  1. Mbok kalo anda mengutip sebaiknya cantumkan sumber, biasakan menghargai tulisan seseorang
    Suksma

    ReplyDelete
  2. Maaf ya, dari tulisan anda bnyk yang belum anda pahami tentang islam,, islam itu cinta damai,islam itu tidak memilih dengan siapa mereka hrus berteman, siapapun itu,islam tidak pernah membeda bedakan namun ada beberapa hal yg harus anda pahami dlu 1. Anda mngatakan agama d jadikan alat pembenaran, propaganda politik itu tidak akan terjadi kalau islam tidak d usik...anda menunjukan ketidak pahaman anda tentang ajaran islam, jd bersifat sok tau, 'alat pembenaran' ex: kasus pak ahok skrg,itu bukan pembenaran tp kebenaran dalam kitab suci al quran, adalah perintah dan kewajiban bagi kaum muslim,,sama halnya seperti anda mematuhi perintah tuhan di dalam kitab suci anda. di luar konteks itu, kaum muslim tentu harus patuh dengan perintah dalam kitab sucinya dan Kedua : anda mengatakan "bukankah halal atau tidak tuhanlah yg punya kuasa penuh atas itu?" yg anda katakan itu benar dan kembali jelas tuhan kaum muslim yaitu Allah berfirman al maidah 3 mengharamkan kaum muslimin makan babi, ITU PERINTAH DARI ALLAH Itu sudah JELAS! Dan kuasa tuhan yg anda maksud ada di dalam kitab suci al quran 3. Raja salman berlibur ke bali... Membuktikan kaum muslim tidak pernah membeda2kan berdasarkan agama bgitulah kaum muslimin sejati, kenapa raja salman memilih bali.. Karena bali adalah ikon pariwisata indonesia d mata dunia... Wajar bila para tamu dari luar negeri ingin melihat langsung bali karena bali begitu terkenal di mata dunia... Tidak ada hubungannya dengan wisata halal... Karena raja salman membawa tim penunjang termasuk koki dll... Jd sblm menulis bnyk hal yg harus anda pelajari.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya sangat paham dengan islam dan sangat intoleransi PAHAM? buktinya negar2 timteng gak ada damai2nya. itu bukti nyata dan konkrit. Buka mata dan PIKIRAN.

      Delete
  3. Jeizii Irawan toling baca ini biar nambah pengetahuan anda yg masih blm mengerti soal apa yg terjadi dgn AGAMA di indonrsia ini,klw masih polos dan belum kapasitas anda untuk mencerna tulisan fi atas menfing nggak usah berkomentar dr pada jadi POLTAK

    http://www.infoteratas.com/2017/03/bikin-heboh-ria-irawan-posting-arab.html?m=1

    ReplyDelete
  4. jeyzly irawan. jika mata anda dipinjamkan kepada orang lain lalu menyuruhnya untuk melihat kearah anda maka anda akan tau seperti apa anda dimata mereka

    ReplyDelete
  5. jeyzly irawan. jika mata anda dipinjamkan kepada orang lain lalu menyuruhnya untuk melihat kearah anda maka anda akan tau seperti apa anda dimata mereka

    ReplyDelete
  6. Ternyata ada yg tersinggung nih..

    ReplyDelete
  7. Ternyata ada yg tersinggung niii

    ReplyDelete
  8. Di timur tengah banyak ada komplik karena kebanyakan orang pintar disana terlalu mengikuti perintah aloh bahkan disuruh terjun ke jurang pasti pengikutnya mau karena janji nikmat surga.....dan produk kiamat sudah dekat

    ReplyDelete