Sunday, January 1, 2017

Inilah Tradisi - Tradisi Yang Bermuatan Islam di Indonesia Yang Sebenarnya Bersumber Dari Ajaran Hindu


illustrasi


Indonesia adalah sebuah negara dengan jumlah populasi muslim terbanyak di dunia, dan di negara ini juga terdapat beraneka macam tradisi masyarakat Islam yang bisa kita jumpai di sekeliling kita. Kita tentu sering mendengar istilah selamatan 7 hari, 40 hari, 100 hari dan seterusnya

Tradisi-tradisi tersebut memang di kemas secara islami, namun tahukah Anda bahwa ternyata selama ini tradisi tersebut bersumber dari ajaran agama Hindu? Agar kita menjadi lebih tahu, mari kita coba menelaah secara singkat tentang tradisi-tradisi yang bermuatan Islam tetapi sebenarnya bersumber dari ajaran agama Hindu.

Seperti kita ketahui, sebelum Islam masuk ke Indonesia, agama Hindu dan Buddha sudah lebih dulu menjadi agama yang dianut oleh penduduk Nusantara – Hindunesia – Indunesia – Indonesia,  Sebagaimana kita ketahui, dulu juga terdapat beberapa kerajaan Hindu yang paling menonjol di Nusantara seperti Mataram, yang terkenal karena membangun Candi Prambanan yang megah, diikuti oleh Kerajaan Kediri dan
Singhasari.

Hindu di Indonesia mengalami puncak kejayaan pada abad ke-14, Majapahit adalah salah satu kerajaan Hindu-Buddha terbesar yang pernah

ada dalam sejarah Indonesia. Tradisi-tradisi Hindu dari masa lampau hingga kini masih sering kita jumpai di kalangan masyarakat muslim Nusantara.

Dan berikut ini adalah beberapa tradisi yang bersumber dari agama Hindu:

1. Selamatan 7, 40, 100 dan 1000 Hari Kematian

Saat terjadi salah seorang anggota keluarga atau tetangga yang meninggal dunia, sering kita jumpai ritual keagamaan yang disebut dengan selamatan atau kenduri kematian yang berupa melakukan doa-doa, tahlilan, dan yasinan yang di lakukan pada hari ke-7, 40, 100, dan 1000 setelah kematian.

Setelah diteliti, ternyata amalan tersebut tidak dapat di temukan di dalam kitab suci Alquran, Hadits (sunnah Rasul) maupun Ijma dari para Sahabat. Justru, Anda dapat menemukannya di dalam kitab-kitab agama Hindu.

Dalam Kitab Weda Smrti Hal. 99 No. 192, agama Hindu meyakini bahwa roh dari leluhur atau orang yang sudah meninggal harus di hormati, karena mereka meyakini bahwa roh tersebut bisa menjadi dewa terdekat manusia. Selain itu, dalam agama Hindu juga mempercayai tentang adanya Samsara (menitis/reingkarnasi).

Dalam Kitab Manawa Dharma Sastra Weda Smrti hal. 99, 192, 193 berbunyi:
“Termasyurlah selamatan yang diadakan pada hari pertama, ketujuh, keempat puluh, keseratus dan keseribu.”

Dalam buku media Hindu yang berjudul: “Nilai-nilai Hindu dalam budaya Jawa, serpihan yang tertinggal” karya dari: Ida Bedande Adi Suripto, ia mengatakan: “Upacara selamatan untuk memperingati hari kematian orang Jawa hari ke 1, 7, 40, 100, dan 1000 hari, jelas adalah ajaran Hindu”.

Sedangkan penyembelihan kurban untuk orang mati pada hari (hari 1,7,4,…1000) terdapat pada kitab Panca Yadnya hal. 26, Bagawadgita hal. 5 no. 39 yang berbunyi: “Tuhan telah menciptakan hewan untuk upacara korban, upacara kurban telah diatur sedemikian rupa untuk kebaikan dunia.”

Kenduri atau Kenduren Genduri merupakan upacara ajaran Hindu. Masalah ini terdapat pada kitab Sama Weda hal. 373 (no.10) yang berbunyi: 
“Sloka prastias mai pipisatewikwani widuse bahra aranggaymaya jekmayipatsiyada duweni narah”.
Artinya: “Antarkanlah sesembahan itu pada Tuhanmu Yang Maha Mengetahui”. Yang gunanya untuk menjauhkan kesialan.

Juga terdapat pada kitab Siwa Sasana hal. 46 bab ‘Panca Yadnya‘ dan pada Upadesa hal. 34, yang isiya:

1. Dewa Yadnya (selamatan) yaitu korban suci yang secara tulus ikhlas ditujukan kepada Sang   Hyang Widhi dengan jalan bakti sujud memuji, serta menurut apa yang diperintahkan-Nya (tirta yatra) metri bopo pertiwi.

2. Pitra Yadnya yaitu korban suci kepada leluhur (pengeling-eling) dengan memuji yang ada di akhirat supaya
memberi pertolongan kepada yang masih hidup.

3. Manusia Yadnya yaitu korban yang diperuntukan kepada keturunan atau sesama supaya hidup damai dan tentram.

4. Rsi Yadnya yaitu korban suci yang diperuntukan kepada guru atas jasa ilmu yang diberikan (danyangan).

5. Buta Yadnya yaitu korban suci yang diperuntukan kepada semua makhluk yang kelihatan  maupun tidak, untuk kemulyaan dunia ini (unggahan).

2. Upacara Telonan, Mitoni dan Tingkepan Pada Wanita Hamil

Telonan, Mitoni dan Tingkepan yang sering kita jumpai di tengah-tengah masyarakat adalah tradisi masyarakat Hindu. Upacara ini dilakukan dalam rangka memohon keselamatan anak yang ada di dalam rahim (kandungan).
Upacara ini biasa disebut Garba Wedana (garba : perut, Wedana : sedang mengandung). Selama bayi dalam kandungan dibuatkan tumpeng selamatan/sesaji Telonan, Mitoni, Tingkepan.

Intisari dari sesajinya adalah (terdapat dalam Kitab Upadesa hal. 46) :

Pengambean, yaitu upacara pemanggilan atman (urip) Sambutan, yaitu upacara penyambutan atau peneguhan letak atman (urip) pada si jabang bayi Janganan, yaitu upacara suguhan terhadap “Empat Saudara” (sedulur papat) yang menyertai kelahiran sang bayi, yaitu : darah, air, barah, dan ari-ari (orang Jawa menyebut kakang kawah adi ari-ari)

Hal ini dilakukan untuk panggilan kepada semua kekuatan-kekuatan alam yang tidak kelihatan tapi mempunyai hubungan langsung pada kehidupan sang bayi dan juga pada panggilan kepada ‘Saudara Empat’ yang bersama-sama ketika sang bayi dilahirkan, untuk bersama-sama diupacarai, diberi pensucian dan suguhan agar sang bayi mendapat keselamatan dan selalu dijaga oleh unsur kekuatan alam.

Sedangkan upacara terhadap ari-ari, ialah setelah ari-ari terlepas dari si bayi lalu dibersihkan dengan air yang kemudian dimasukkan kedalam tempurung kelapa selanjutnya dimasukkan ke dalam kendil atau guci. Kedalamnya dimasukkah tulisan ‘Aum‘ agar sang Hyang Widhi melindungi.

Selain itu dimasukkan juga berbagai benda lain sebagai persembahan kepada Hyang Widhi. Kendil kemudian ditanam di pekarangan, dikanan pintu apabila bayinya laki-laki, dikiri pintu apabila bayinya perempuan.

Kendil yang berisi ari-ari ditimbun dengan baik, dan pada malam harinya diberi lampu, selama tiga bulan. Apa yang diperbuat kepada si bayi maka diberlakukan juga kepada Saudara Empat tersebut. Kalau si bayi
setelah dimandikan, maka airnya juga disiramkan kepada kendil tersebut.

Dilansir http://www.harianaceh.co.id,
Jum’at (16/1) dan harian aceh melansir dari “Kitab Upadesa, tentang
ajaran-ajaran Agama Hindu, oleh: Tjok Rai Sudharta, MA. dan Drs. Ida Bagus Oka
Punia Atmaja, cetakan kedua 2007″


Sumber : sekarjepun.com
close
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Inilah Tradisi - Tradisi Yang Bermuatan Islam di Indonesia Yang Sebenarnya Bersumber Dari Ajaran Hindu

0 komentar:

Post a Comment